Friday, August 11, 2017

UPPKS (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) DESA GLAGGA









Masyarakat glagga biasanya menjual secara langsung asam maupun kacang tanah sehingga harga yang didapat murah. Hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan mereka mengenai olahan dari kacang tanah maupun olahan asam. KKN Tematik 40 Universitas Trunojoyo Madura memiliki inisiatif mengolah hasil dari potensi desa Glagga guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Glagga.
            Agenda hari ke-13 kelompok KKN 40 adalah upaya peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) dengan warga glagga khususnya ibu-ibu. Salah satunya adalah pembuatan Ice cream kacang tanah dan asam, pembuatan jemblem dari limbah Ice ream kacang tanah, dan pembuatan tempe dari kacang tanah. Upaya tersebut bertujuan untuk menigkatkan pendapatan keluarga di desa glagga.
Masyarakat desa glagga sangat antusias  mengikuti acara UPPKS yang diselenggarakan di rumah kepala desa glagga dengan banyaknya ibu-ibu maupun anak kecil yang hadir di acara ini. Kegiatan UPPKS berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB. Kegiatan UPPKS dilengkapi dengan penayangan video tutorial pembuatan Ice cream asam dan kacang tanah beserta penjelasan dari kami selaku kelompok KKN Tematik 40 UTM. Kegiatan UPPKS langsung dipraktikkan di rumah kepala desa beserta ibu-ibu yang hadir di acara tersebut.
Pembuatan Ice Cream, jemblem dan tempe disambut baik oleh warga glagga karena prosesnya yang cukup mudah dilakukan dan bahan-bahan yang digunakan mudah dijangkau. Salah seorang warga tertarik untuk membuat usaha olahan kacang tanah tersebut diantaranya adalah ibu apel (perangkat desa) di Dusun Karang Malakah, sehingga kami melakukan pendampingan dan penjelasan mengenai pengembangan usaha pengolahan hasil pertanian.
           

0 comments:

Post a Comment