Friday, August 4, 2017

PRODUK UNGGULAN DESA GLAGGA





Desa Glagga merupakan salah satu desa dengan produktivitas pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi. Pemanfaatan sumberdaya yang masih belum maksimal. Berikut ini ulasan beberapa produk unggulan yang ada di Desa Glagga:
Kerajinan Kayu
Desa Glagga terkenal dengan pabrik pengolah kayu (meubel). kayu tersebut diolah menjadi barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti lemari, tempat tidur, kursi dan lain-lain. meubel tersebut  merupakan produk unggulan yang menjadi ciri khas desa Glagga. Sayangnya limbah meubel tidak dimanfaatkan menjadi produk turunan namun hanya dibakar begitu saja.
Produk Pertanian
Ditinjau dari segi pertanian, desa Glagga terkenal dengan hasil tani kacang tanah, asam dan jagung. Hasil pertanian tersebut langsung dijual dipasar lokal tanpa diproses dengan pengolahan tertentu. Begitu juga dengan hasil perkebunan yang hanya berupa bambu gelondongan yang dijual mentah.
Usulan
            KKN Tematik 40 Universitas Trunojoyo Madura memiliki inisiatif mengolah hasil dari potensi desa Glagga guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Glagga. Upaya tersebut diantaranya pengolahan limbah meubel dan limbah kacang tanah menjadi pupuk, pembuatan ice cream dari kacang tanah dan asam, pembuatan jemblem dari ampas kacang tanah, pembuatan tempe dari kacang tanah dan pengolahan bambu menjadi kerajinan tangan.
            Pupuk yang dibuat dari limbah mebel dan kulit kacang merupakan salah satu upaya yang baik dan selaras dengan upaya meminimalisisr limbah desa  karena memanfaatkan limbah (zero waste). Begitu pula dengan limbah kacang tanah yang dihasilkan dari pembuatan ice cream diolah menjadi jemblem. Pengolahan bambu menjadi kerajinan tangan seperti gantungan kunci dan vas bunga juga merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Glagga.

0 comments:

Post a Comment