Thursday, January 12, 2023

Tradisi Karapan Kelinci di Desa Glagga


 

Kerapan Kelinci Sebagai Salah Satu Kegiatan Rutin Desa Glagga.

Hujan cukup menghambat kegiatan yang awalnya sudah di rencanakan termasuk Kerapan Kelinci yang merupakan lomba rutin di Desa Glagga. Mulanya Kerapan Kelinci dijadwalkan untuk di laksanakan pada tanggal Minggu, 01 Januari 2023. Namun, karena adanya hujan maka kegiatan ini di tunda hingga Rabu, tanggal 04 Januari 2023. Pada umumnya di Madura hewan yang biasa di ikutkan dalam kegiatan kerapan adalah sapi, meskipun memang ada beberapa daerah yang juga mengadakan kerapan kelinci. Di Desa Glagga, kegiatan ini cukup rutin di lakukan tiap tahunnya.

Kerapan Kelinci ialah lomba yang bertujuan mengadu kecepatan lari kelinci. Warga sekitar biasa menyebutnya ”Kerapan Dermilung”. Ekor kelinci akan dijepit untuk memicu mereka lari dengan kencang. Arena kerapan kebetulan cukup dekat dengan balai desa yang merupakan tempat tinggal peserta KKN, tepatnya di belakang balai desa.

Peserta Kerapan Kelinci berasal dari berbagai kabupaten yang ada di Madura, yaitu Sumenep, Pamekasan, Sampang dan terutama Bangkalan. Kerapan di mulai sekitar pukul 08.00 WIB dan selesai pada sore hari. Hadiah Utama yang di dapat adalah sebuah sepeda motor.



0 comments:

Post a Comment