Friday, August 4, 2017

TRANSPORTASI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI DESA GLAGGA



TRANSPORTASI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Transportasi
Transportasi merupakan suatu alat, mesin, atau manusia yang berfungsi untuk memindahkan sesuatu (barang/manusia) dari suatu tempat ke tempat lainnya. Transportasi sendiri menjadi salah satu faktor penunjang keberlangsungan hidup masyarakat. Seperti halnya di Desa Glagga Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, mayoritas masyarakatnya menggunakan alat transportasi guna menunjang kebutuhan sehari-hari.
Alat transportasi ini ada yang dikelola pribadi dan disewakan kepada supir angkutan umum. Adapun beberapa alat transportasi yang digunakan yaitu; angkutan desa atau len, becak, delman (dokar), pick up, gerobak, dan motor. Alat transportasi tersebut digunakan untuk mengakses keperluan ke pasar maupun mengangkut hasil pertanian yang dijual ke dalam dan luar kota. sedangkan angkutan desa dan sepeda motor digunakan sebagai alat transportasi warga.
Informasi dan Komunikasi
Komunikasi dan Informasi menjadi salah satu hal penting dalam bermasyarakat. Keduanya merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan, dimana setiap komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok mengandung sebuah informasi didalamnya. Komunikasi dan Informasi dapat diperoleh melalui media cetak (koran, majalah), media elektronik, dan media sosial.
Media Komunikasi dan Informasi juga sangat diperlukan di desa. Dalam berkomunikasi, masyarakat di Desa Glagga Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Madura, karena tidak sedikit dari masyarakatnya yang tidak  bisa berbahasa indonesia. Selain itu dalam memperoleh informasi, masyarakat desa Glagga menggunakan media cetak (koran, surat undangan), media elektronik (televisi dan Handy Talky), dan media online (handphone dan internet). Khusus Handy Talky hanya digunakan oleh aparatur desa.

0 comments:

Post a Comment