Monday, January 16, 2023

Get to Know the Basic English with SDN Glagga 03

 

"Get to Know the Basic English with SDN Glagga 03"

English for Fun merupakan proker tambahan yang tidak di rencanakan sebelumnya. Hal ini di karenakan jumlah SD yang ternyata ada 4, lebih banyak dari proker yang kita rencanakan. Kelompok 27 sebenanrnya memang merencanakan 4 proker yang mana sesuai dengan jumlah SD namun karena ada 1 proker yang sasarannya di ubah untuk warga secara umum maka akhirnya kami merencanakan program kerja lain yaitu English for Fun.

English for Fun adalah kegiatan belajar bahasa Inggris selama satu hari. Kegiatan ini di isi langsung oleh anggota kelompok 27 yang mayoritas merupakan mahasiswa program studi Sastra Inggris. Siswa-siswi kelas 4 SDN Glagga 03 merupakan sasaran dari kegiatan ini karena kelas 5 dan 6 memiliki kurikulum yang berbeda dengan kelas 4 sehingga kelas 4 merupakan satu-satunya kelas yang memiliki mata pelajaran Bahasa Inggris. Mereka di ajarkan tentang dasar-dasar Bahasa Inggris seperti Alphabet, Numbers, Days dan juga Times. Times merupakan materi yang tertera di buku pegangan mereka, materi pertama untuk semester ke 2. Jadi selain memberikan materi yang murni dari kami, kami juga mengkombinasikan  materi yang ada di buku pegangan mereka.

Seperti konsepnya, kegiatan berlangsung satu hari selama jam mengajar. Di mulai sejak pukul 08.30 hingga pukul 11.00 dengan waktu istirahat selama 15 menit. Kegiatan ini tidak kami mulai pukul 07.00 WIB karena mereka masih harus mengikuti upacara terlebih dahulu. Acara dilaksanakan pada hari senin tanggal 09 Januari 2023 minggu kedua sejak semester 2 di mulai.

Wali kelas 4 SDN Glagga 03 sendiri menyampaikan kendala yang dihadapi ketika mengajari bahasa Inggris, beliau menyampaikan bahwa beliau kesulitan karena bahasa Inggris baru di ajarkan pada kelas 4 sedangkan sebelumnya mereka tidak memiliki dasar mengenai bahasa Inggris sama sekali. Hal ini yang kemudian menjadi landasan bagi kami untuk memberikan materi dasar bahasa Inggris pada siswa-siswi kelas 4 tersebut.


0 comments:

Post a Comment