Sunday, January 15, 2023

Edukasi Mengenai Pencegahan Pelecehan Seksual bagi Anak-Anak di SDN Glagga 02

    Pada era saat ini, masih banyak sekali orang yang sangat awam tentang perbuatan apa saja yang dapat di katakan sebagai bentuk pelecehan seksual. Maka dari itu tim KKN-T 27 mengadakan kegiatan "Sosialisasi Pencegahan Pelecehan Seksual". Kegiatan ini berlokasi di SDN Glagga 02 yang mana sasarannya adalah siswa-siswi kelas 01,02 dan 03. Hal ini di karenakan karena usia pada saat menginjak kelas 1,2 dan 3 merupakan usia yang di nilai pantas untuk memulai menerapkan kesadaran dalam mencegah pelecehan seksual.

    Sosialisasi ini di isi langsung oleh anggota kelompok 27 yang berlangsung pada hari sabtu, tanggal 07 Januari 2023. Materi yang di sampaikan meliputi edukasi tentang bagian tubuh mana saja yang boleh di sentuh dan di lihat oleh selain diri sendiri. Di sampaikan pula tentang langkah pertama yang harus di lakukan ketika mengalami perbuatan yang tidak pantas ini. Penyampaian materi ini di sampaikan melalu media gambar sehingga siswa-siswi kelas 1,2 dan 3 SD dapat memahami dengan mudah maksud dari materi yang di sampaikan. Kelompok 27 juga menyampaikan bahwa selain diri sendiri bisa melihat bagian tubuh yang tertutup baju dalam hanya ketika dalam keadaan genting seperti sakit itupun tetap dalam pengawasan orang tua.

    Siswa-siswi juga mendapat Ice Breaking di tengah penyampaian materi agar mereka tidak jenuh dan kembali membentuk semangat mereka. Kendala yang di dapat yaitu dikarenakan siswa-siswi kelas 1,2 dan 3 yang di letakkan pada satu kelas cukup sulit di kondisikan. Hal ini mengakibatkan kelompok 27 harus pintar-pintar menarik perhatian mereka untuk kembali di lanjutkan sesi penyampaian materi. Salah satu upaya juga seluruh kelompok 27 mengajak siswa-siswi menyanyikan satu lagu yang berkaitan dengan materi.

0 comments:

Post a Comment