Monday, January 16, 2023

Edukasi Pengenalan Obat Tradisional Melalui Penanaman Tanaman Obat Keluarga

 

"Edukasi Pengenalan Obat Tradisional Melalui Penanaman Tanaman Obat Keluarga"

Hari rabu, tanggal 11 Januari 2023 merupakan hari terakhir kami  mengadakan kegiatan di sekolah yaitu penanaman Tanaman Obat Keluarga. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00 sampai pukul 11.00. Serangkaian acaranya meliputi pengkondisian oleh wali kelas 6 SD, sasaran kegiatan ini, lalu di lanjutkan oleh kelompok KKN-T 27. Kemudian ada pembagian kelompok yang masing-masing beranggota 2-3 orang. Pembagian kelompok ini bertujuan agar penanaman Toga lebih efektif. Ada 9 bibit yang kami bawa maka satu kelas di bagi menjadi 9 kelompok sesuai dengan jumlah bibit kemudian setiap anggota kelompok KKN-T 27 bertanggung jawab atas 1 kelompok.

Pada saat proses penanaman, para penanggung jawab menjelaskan manfaat dari tanaman yang di tanam pada kelompoknya masing-masing dan juga menjelaskan bagian mana dari tumbuhan tersebut yang bermanfaat. Selama para penanggung jawab menjelaskan siswa-siswi mencatat hasil yang mereka dengar untuk di presentasikan secara bergantian di depan kelas setelah itu. Para siswa-siswi di beri waktu selama 15 menit untuk beristirahat dan mendiskusikan hasil catatan mereka dengan anggota kelompoknya.

Sebelum presentasi dimulai kami juga mengenalkan beberapa yel-yel agar suasana kelas berlangsung meriah. Setelah itu, setiap kelompok secara bergantian maju ke depan kelas menyampaikan hasil diskusi mereka tentang tanaman obat yang mereka tanam.

0 comments:

Post a Comment